Pemerintah Daerah DIY

DINAS KOMINFO DIY

Get Adobe Flash player

Call Center Informasi

Peta Lalulintas

Home Berita HASIL STUDY : STAF RUMAH SAKIT SERING TULARKAN KUMAN DARI SARUNG TANGAN DAN GAUN
User Rating: / 0
PoorBest 

Bukti dari cahaya hitam menunjukkan bahwa petugas kesehatan sering mengontaminasi kulit dan pakaian dengan kuman. Hal tersebut biasanya terjadi saat para petugas melepas perlengkapan pelindung sarung tangan dan gaun rumah sakit.



dr Curtis J Donskey yang terlibat dalam studi dari Cleveland Veterans Affairs Medical Center mengatakan bahwa banyak petugas yang tak menyadari dirinya menyebarkan kuman dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

"Sebagian besar partisipan studi tampaknya tak menyadari risiko tinggi kontaminasi. Banyak yang melaporkan bahwa mereka menerima sedikit atau bahkan tak ada pelatihan sama sekali ketika memakai alat pelindung diri," kata dr Curtis kepada Reuters dan dikutip pada Rabu (14/10/2015).

Studi dilakukan dengan merekrut partisipan dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya dari empat rumah sakit berbeda untuk melakukan simulasi kejadian-kejadian tertentu. Dari 435 simulasi yang ada lebih dari setengahnya dilakukan oleh perawat.

Para partisipan diminta untuk memakai alat pelindung dan kemudian dilumuri krim berpendar untuk menyimulasikan kondisi kotor dipenuhi banyak bakteri. Partisipan kemudian diminta untuk melepas pakaian pelindung tersebut dan menggantinya dengan yang bersih.

Pemeriksaan dengan cahaya hitam menunjukkan 46 persen petugas kesehatan sering mengkontaminasi kulit dan pakaiannya, terutama ketika melepas sarung tangan. Pada petugas yang tak mengikuti teknik pemakaian dan pelepasan yang benar kontaminasi terjadi sampai 70 persen.

dr Curtis mengatakan penelitiannya ini diharap jadi saran agar fasilitas kesehatan lebih memerhatikan keamanan personilnya. Penting bagi petugas untuk melakukan prosedur mencuci tangan setelah melepas pakaian pelindung karena kontaminasi masih bisa terjadi.

Sumber : www.dinkes.jogjaprov.go.id

e-max.it: your social media marketing partner