Pemerintah Daerah DIY

DINAS KOMINFO DIY

Get Adobe Flash player

Call Center Informasi

Peta Lalulintas

Home Berita Peringatan Hari Pahlawan, Refleksi Pengorbanan Keteladanan Keteguhan
User Rating: / 0
PoorBest 

Kulonprogo - Bupati Kulon Progo dr.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke 70 Kabupaten Kulon Progo yang dilaksanakan di Alun-alun Wates, Selasa (10/11).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati membacakan sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja, dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan peringatan ini juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh-kembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

Dalam sambutan ini juga disampaikan, bahwa nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman, karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman.

Untuk itu, penyelenggaraan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peringatan juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya Negara kesatuan Republik Indonesia.

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 ini, difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.

"Marilah kita renungkan sekali lagi, langkah besar Bapak Bangsa kita seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Wahid Hasyim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Mudzakkir, Agus Salim, Abikusno Tjokrosoejoso, AA Maramis dan Ahmad Subarjo yang terhimpun dalam Panitia Sembilan BPUPKI. Mereka telah mewariskan lima norma dan nilai-nilai yang kemudian menjadi Pancasila sebagai dasar Negara, sebagai ideology permersatu bangsa, juga sebagai spirit kegotong-royongan dalam bermasyarakat dan bernegara" kata dokter Hasto (panggilan akrab Bupati).

Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu di-diseminasikan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini.

"Untuk itu marilah momentum ini kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimism kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi Negara maju dan bermartabat" tambahnya.


Pada Upacara di Alun-alun Wates ini, Komandan Upacara Iptu Tomy Prambana,SIK, Perwira Upacara AKP Sudarsono,SH, Pembawa Acara Hartini, Perwira Keamanan AKP H.Ahmad Hidayat,SH, R.Sukirno,SIP, Sartana,SIP

Seusai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Giripeni Wates, dan ke Makam Pahlawan Nyi Ageng Serang di Kalibawang.
(akhmad)

Sumber : http://www.kulonprogokab.go.id/

e-max.it: your social media marketing partner