Pemerintah Daerah DIY

DINAS KOMINFO DIY

Get Adobe Flash player

Call Center Informasi

Peta Lalulintas

Home Berita Jelang MEA, Menaker Sibuk Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja RI
User Rating: / 0
PoorBest 

 

 

JAKARTA - Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah di depan mata. Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya bersiap mengimplementasikan babak baru di segala bidang, termasuk ketenagakerjaan. Warga negara asing bebas bekerja di Indonesia dan sebaliknya, sehingga pemerintah perlu mempersiapkan bekal peningkatan kompetensi terhadap seluruh tenaga kerja Indonesia.



Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri mengatakan, era MEA di sektor ketenagakerjaan bukan hanya diukur dari besaran upah pegawai di Indonesia dibandingkan yang ditetapkan pemerintah negara lain. Hanya saja, ukuran tenaga kerja dalam MEA dilihat dari kompetensi.

"Makanya kita terus melakukan berbagai terobosan untuk mempercepat peningkatan kompetensi tenaga kerja kita, termasuk sertifikasi kompetensinya," jelas Menteri Hanif di Jakarta,
Pemerintah, sambungnya, turut mendorong seluruh sektor untuk mempercepat Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI), Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan lainnya.

"Kita juga ingin mempersiapkan infrastruktur kelembagaan yang diperlukan dalam rangka peningkatan kompetensi dan sertifikasi profesi maupun membangun lembaga sertifikasi profesi dan sebagainya," jelas Hanif.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga terus mendorong agar sektor industri harus mampu menghadapi persaingan di era MEA. Salah satu langkah yang harus dijalankan oleh industri adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Karena itu, Kemenperin juga mendorong pelatihan SDM melalui Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand).

Sumber : www.nakertrans.jogjaprov.go.id

e-max.it: your social media marketing partner