:: Plaza Informasi

Plaza Informasi

PROFIL PLAZA INFORMASI

DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 

Globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang ditandai dengan derasnya aliran berbagai informasi dalam aneka bentuk dan media, merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Untuk memaksimalkan manfaat berbagai informasi tersebut bagi masyarakat diperlukan fasilitator yang dapat mempermudah masyarakat untuk mengaksesnya. Selain itu Informasi mempunyai peran penting dalam hubungan antar manusia maupun antar lembaga. Informasi dapat memberi warna dan membentuk opini publik atau pendapat umum. Oleh karena itu perlu dikelola secara baik agar bermanfaat dan terdapat keselarasan dalam penyebarannya kepada masyarakat.

Menyadari hal ini Pemerintah Daerah DIY berusaha  memfasilitasi masyarakat guna mempermudah dalam mengakses informasi. Hal itu diwujudkan dalam bentuk lembaga Plaza Informasi. Plaza Informasi, merupakan Unit Pelaksanan Teknis Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) DIY.

Plaza Informasi sebagai lembaga pelayanan informasi terpadu Pemerintah Daerah DIY yang memberikan kemudahan bagi berbagai kalangan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Informasi yang disediakan ditujukan bagi orang-orang yang menguasai teknologi informasi, dan juga bagi para pemula yang kurang dan belum memahami teknologi informasi. Masyarakat pengunjung Plaza Informasi dapat mengakses informasi melalui internet, layanan sms, call center, faksimili, maupun berbagai bahan pustaka dan media publikasi.

Menyadari akan pentingnya informasi, UPTD Plaza Informasi Dishubkominfo DIY sebagai lambaga Teknis di bidang Pelayanan Informasi dalam melaksanakan tugas telah menetapkan visi dan misi sebagai strategi untuk mencapai tujuan sasaran kegiatan yang dilaksanakan.

 Berdasarkan Pergub Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Organisasi Dan Tatakerja Unit Pelaksana Teknis Dinas  Dan Unit Pelaksana Teknis Lembaga Teknis Daerah telah dibentuk Organisasi Lembaga Teknis Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi DIY diantaranya adalah UPTD Plaza Informasi dan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Rincian Tugas Dan Fungsi Dinas Dan Unit Pelaksana Teknis  Pada Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika yang mempunyai tugas  melaksanakan pelayanan informasi terpadu.

 

Submenu

  |   top  |   next »

Login